20 Maskapai Penerbangan Teraman 2021, Dirajai Qantas yang Minus Kecelakaan Sejak 1951

CANTIKQQ –  AirlineRatings.com telah menganalisis daftar 20 teratas maskapai penerbangan teraman sepanjang tahun 2020. Analisis dibuat dengan melihat riwayat kecelakaan dan insiden serius yang terjadi di satu maskapai. Usia armada dan audit 385 maskapai penerbangan yang dilakukan oleh pemerintah dan asosiasi penerbangan juga menjadi poin penilaian.

Melansir laman CNBC, Rabu (6/1/2021), berikut 20 maskapai penerbangan teraman 2021 di dunia.

1. Qantas

2. Qatar Airways

3. Air New Zealand

4. Singapore Airlines

5. Emirates

6. Eva Air

7. Etihad Airways

8. Alaska Airlines

9. Cathay Pacific

10. British Airways

11. Virgin Australia/Virgin Atlantic

12. Hawaiian Airlines

13. Southwest Airlines

14. Delta Air Lines

15. American Airlines

16. SAS (Scandinavian Airlines)

17. Finnair

18. Lufthansa

19. KLM

20. United Airlines

Qantas Nomor Satu Lagi, Tak Pernah Kecelakaan Sejak 1951

Maskapai penerbangan asal Australia, Qantas, dinobatkan sebagai maskapai teraman di dunia selama tiga tahun berturut-turut oleh situs tersebut. Qantas memang dikenal sebagai maskapai dengan pesawat yang ‘tidak pernah jatuh’. Kecelakaan fatal salah satu armada Qantas pernah terjadi pada tahun 1951. Selama tujuh puluh tahun berikutnya, maskapai ini tidak mencatatkan kecelakaan berakibat korban jiwa lagi.

“Qantas telah menjadi maskapai penerbangan yang sangat memperhatikan operasional keselamatan utama selama 60 tahun terakhir dan tidak mengalami hal yang menyebabkan kematian,” kata Geoffrey Thomas, pemimpin redaksi AirlineRatings.com.

Tapi Qantas dikatakan tidak sendiri. Maskapai yang sudah lama berdiri seperti Hawaiian dan Finnair juga memiliki rekor sempurna di era pesawat jet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *