SI Maung,Kendaraan Taktis Pindad

SI Maung,Kendaraan Taktis Pindad

PT Pindad (Persero) memperkenalkan produk terbarunya yakni kendaraan taktis.

Kendaraan taktis yang PT Pindad (Persero) ini kini tengah ramai jadi perbincangan publik.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjajal kendaraan ini ketika diperkenalkan pada hari Minggu, 12 Juli 2020 di Sirkuit Sentul, Bogor.

Kendaraan ini bernama Maung yang merupakan sebuah kalimat Bahasa Sunda. Apabila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia berarti Harimau.

Tampaknya kehadiran Maung bakal melengkapi jajaran produk taktis buatan Pindad untuk kebutuhan angkut dan perang.

Mobil ini pun dilengkapi dengan sejumlah fitur juga teknologi yang dapat disesuaikan. Selain itu, Maung juga dapat diadopsi langsung dari kendaraan Insfanteri TNI Angkatan Darat.

Dalam keterangan tertulis Pindad kepada Tim Pikiran Rakyat menjelaskan, Maung mempunyai kelebihan dalam menerjang medan-medan sulit dan beroperasi lepas ruas jalan aspal.

Kendaraan taktis ini juga bisa melahap ruas jalan aspal dan mampu bermanuver dengan baik. Maung memiliki kecepatan aman 120 km/jam, transmisi manual 6 speed dan mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km.

Maung juga bisa dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol SS2-V4, perangkat GPS navigasi dan tracker kendaraan serta perlengkapan lainnya

Untuk dapur pacu, Maung diberikan mesin Turbo Diesel 4 Silinder 16 Valve DOHC. Mesin ini memiliki tenaga hingga 149 Hp dengan torsi 400 Nm.

Tidak hanya untuk kebutuhan militer, kabarnya Maung akan dipasarkan untuk pembeli dari kalangan sipil.

Namun saat Tim Pikiran Rakyat coba mengkonfirmasi terkait hal tersebut dan kapan Maung diproduksi secara massal kepada Direktur Utama PT Pindad (Persero), Abraham Mose pada pada Selasa 14 Juli 2020 pagi, pihaknya belum memberi jawaban

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *